Ridwan Bae Kunjungan Kerja di Buton Utara

Sentraperistiwa.com, Buton Utara – Bupati Buton Utara (Butur) Muhammad Ridwan Zakariah, bersama Wakilnya, Ahali, menerima kunjungan kerja (kunker) Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ridwan Bae, di Rujab Kamali Kulisusu, (Sabtu, 6 Januari 2024).

Kunjungan Ridwan Bae di Butur, dalam rangka menerima aspirasi masyarakat dan pemerintah daerah untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur transportasi sebagaimana yang telah diprioritaskan dalam RPJMD Kabupaten Buton Utara Tahun 2022-2026.

Melalui Instruksi Presiden (Inpres) RI Nomor 3 Tahun 2023 Tentang Percepatan Konektivitas Jalan Daerah, politisi Partai Golkar itu mengajak pemerintah daerah (instansi teknis) untuk bersama-sama menemui Kementerian PUPR dan Menteri Perhubungan RI untuk menyampaikan rencana serta progres pembangunan strategis di Butur.

Secara kelembagaan, mantan Bupati Muna dua periode itu akan bersurat sekaligus menemui Kementerian terkait, untuk memprioritaskan penanganan ruas jalan provinsi yang ada di Kabupaten Buton Utara melalui Inpres Jalan Daerah.

Peningkatan infrastruktur jalan daerah yang terkoneksi dengan pusat kota Kabupaten Buton Utara dan pusat Kota Baubau menurutnya sangat penting, sebagai penunjang perkembangan kawasan perkebunan, perikanan, simpul transportasi. “Termasuk peningkatan kemantapan jalan provinsi Sulawesi Tenggara,” terang Ridwan Bae.

Rencana pembangunan Bandar Udara (Bandara) Baru di Butur saat ini sudah dilakukan studi kelayakan, studi AMDAL Bandara, serta update data master plan dan fasibility study juga sudah selesai disusun dokumennya.

Dengan demikian, pihaknya juga akan menyampaikan kepada Menteri Perhubungan RI untuk diprioritaskannya penetapan lokasi bandara Kabupaten Buton Utara, termasuk peningkatan pembangunan pelabuhan Lelamo/Wode Buri.

Dalam peninjauan lokasi lahan pembangunan Bandara di Desa Lantagi, serta Pelabuhan Lelamo/Wode Buri, Ridwan Bae didampingi Bupati Ridwan Zakariah bersama Wakil Bupati Ahali serta Asisten Perekonomian Dan Pembangunan Sahrun Akri, Kadis Perhubungan Tayeb, Kepala Kantor Unit Penyelenggaraan Pelabuhan Kelas II Raha Hamjan, Kadis Ketahanan Pangan Sadaria, Sekwan Ismail Rewa, dan Kabid Bina Marga PUPR Zalman.

Selanjutnya, dalam peninjauan jalan provinsi poros Ereke – Lambale Kulisusu Barat Ridwan Bae didampingi oleh Wakil Bupati Butur Ahali sekaligus berpamitan menuju Kota Baubau. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *