Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran Pemkab Butur, BPKP Fokus pada Lima Sektor

Daerah, Terbaru8 Dilihat

Sentraperistiwa.com- Bupati Buton Utara (Butur) Muhammad Ridwan Zakariah, didampingi Wakil Bupati Ahali dan Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Panut, memimpin rapat terkait hasil evaluasi BPKP tentang perencanaan dan penganggaran Pemerintah Kabupaten Butur tahun 2023.

Rapat diikuti Sekretaris Daerah Muhammad Hardhy Muslim, para Staf Ahli Bupati dan Asisten Setda, seluruh Kepala OPD dan Camat, serta dihadiri Tim Evaluasi dari Perwakilan BPKP Sultra, berlangsung di Aula Rapat Kantor Sekretariat Daerah Butur, Rabu (31 Januari 2024).

Bupati Butur, Muhammad Ridwan Zakariah, mengatakan hasil evaluasi BPKP mengenai hal-hal yang berkaitan dengan perencanaan dan penganggaran tahun 2023 ini sangat penting. Di mana, pemerintah daerah khususnya pada sektor yang dituju mendapatkan masukan dan petunjuk sehingga program pembangunan diharapakan dapat berjalan sesuai harapan dan tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Melalui rapat evaluasi ini, Ridwan berharap, dengan adanya masukan dan petunjuk dari BPKP dapat membantu pencapaian sasaran pembangunan daerah dan memastikan program, kegiatan serta anggaran dapat direncanakan secara efektif dan efisien untuk menghasilkan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat Buton Utara.

Ketgam: Rapat terkait hasil evaluasi BPKP Sultra tentang perencanaan dan penganggaran Pemerintah Kabupaten Butur tahun 2023. (Foto: Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Buton Utara)

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan BPKP Sultra, Panut, menyampaikan evaluasi ini difokuskan pada lima sektor, yaitu pariwisata; ketahanan pangan; pemberdayaan UMKM; pengentasan kemiskinan dan penurunan stunting.

Adapun tujuan evaluasi untuk memperoleh gambaran umum perencanaan dan penganggaran, menganalisis ketepatan indikator dan target sasaran pembangunan (ultimate outcome), kemudian, menganalisis efektivitas program, kegiatan, sub kegiatan/rincian output.

“Selanjutnya, menganalisis efisiensi rincian belanja sub kegiatan/rincian output, serta menyimpulkan potensi ketercapaian ultimate outcome,” ungkapnya.

Di penghujung rapat evaluasi, dilanjutkan dengan diskusi terkait perencanaan dan penganggaran antara OPD pengelola program dengan Tim BPKP, kemudian ditutup dengan penyerahan dokumen hasil Evaluasi BPKP tentang perencanaan dan penganggaran tahun 2023 pada Pemkab Butur, diserahkan oleh Kepala Perwakilan BPKP Sultra, kepada Bupati Buton Utara. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *